WABUP HADIRI SIDANG PARIPURNA DPRD KE.LIMA TH.2021 BAHAS LKPJ TH.2020 PERSIDANGAN KE DUA.

Potret Hukum.com
Lahat|-Pariipurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat V, masa persidangan kedua, tahun sidang 2021, dalam rangka membahas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran (TA) 2020.
Pimpinan Sidang yang diketuai, Gaharu SE MM didampingi Fitrizal Homizi ST dan Sri Marhaeni Wulansih SH mengatakan, laporan LKPJ TA 2020 ini, informasi penyelenggaraan pemerintahan daerah selama satu tahun anggaran.
“Sesuai PP No 13/2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah, dimana, kepala daerah menyampaikan LKPJ kepada anggota dewan,” urainya, Senin (22/3/2021)

” Paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir. LKPJ dimaksud akan dibahas secara internal.
“Item-item yang tertuang didalam LKPJ, akan dibawa ke rapat panitia khusus (pansus), berdasarkan hasil pembahasan DPRD akan menetapkan keputusan sebagai rekomendasi, guna diperbaiki terhadap penyelenggaraan pemerintah dimasa mendatang,” tandas Gaharu.
Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Lahat, H Haryanto SE MM MBA mengemukakan, bahwasanya LKPJ TA 2020, yang memuat kegiatan kepala daerah maupun OPD telah sesuai dengan ketentuan berlaku.
“Baik sektor pembangunan serta pelayanan kepada masyarakat telah dilaporkan sesuai sebagaimana mestinya,” terangnya.
Ditambahkannya, pada 2020 mengalami peningkatan, dapat dilihat program kepala daerah, dari belanja Daerah ataupun penganggarannya. Termasuk ekonomi kerakyatan pun naik secara signifikan, 2017 tercatat 44 persen, lalu di 2018 mencapai 44,17 serta 2019, menyentuh 56 persen.
“Hal ini juga ditopang dari pendapatan dari sektor penambangan dan perkebunan.Tetapi masih ada kekurangan, tapi itu akan menjadi cerminan pemerintah daerah agar lebih berbenah lebih baik lagi,” beber H Haryanto.(PH)